Tim sepak bola nasional Sudan Selatan



Team sepak bola nasional Sudan Selatan sebagai wakil Sudan Selatan dalam sepak bola internasional serta dikontrol oleh Perkumpulan Sepak Bola Sudan Selatan , tubuh pengontrol sepak bola di Sudan Selatan.
Zoran Đorđević (manager sepakbola) dipilih pada 25 Mei 2011 untuk memantau timnas. [4] Untuk tahun pertamanya, team diperlihatkan dalam Storyville (serial TV) yang disebutkan Zoran serta His African Tigers. Laga internasional pertama timnas akan menantang timnas Kenya pada 10 Juli 2011 untuk sisi dari perayaan kemerdekaan negara. [5] [6] Tetapi, dalam acara itu oposisi disiapkan oleh Tusker FC dari Liga Premier Kenya , [7] bertepatan dengan laga internasional pertama team basket nasional. Laga dimainkan diStadion Juba. Sudan Selatan cetak gol dalam sepuluh menit, tapi mereka selanjutnya kecolongan 3 gol dalam kekalahan 3-1. [8] Sudan Selatan dengan cara sah diterima untuk anggota CAF pada 10 Februari 2012, di Majelis Umum Biasa CAF ke-34 yang diadakan di Libreville , Gabon. [9] Sudan Selatan diterima untuk anggota FIFA pada 25 Mei 2012 di session ke-2 Kongres FIFA ke-62 yang diadakan di Budapest , Hongaria. [10] [11]

Pada 10 Juli 2012, Sudan Selatan bersaing dalam laga internasional penuh pertama kalinya, laga pertemanan menantang Uganda di Juba. [12] Laga usai dengan hasil seimbang 2–2, dengan James Moga serta Richard Justin Lado cetak score untuk Sudan Selatan. Laga ini membuahkan Sudan Selatan masuk rangking FIFA pada awal Agustus dalam tempat ke-199. [12]

Orang Sudan Selatan mengambil sisi dalam kompetisi sepakbola internasional pertama mereka saat mereka mengambil sisi dalam Piala CECAFA 2012 di Uganda. [13] [14] Mereka terhimpun dalam Group A bersama-sama Ethiopia , Kenya , serta tuan-rumah Uganda. [15] Timnas mainkan laga pertama mereka menantang Ethiopia, kalah 1-0 lewat gol Yonathan Kebede. Dalam laga selanjutnya, mereka kalah 2-0 menantang Kenya. Laga paling akhir mereka membuat mereka menanggung derita kekalahan 4-0 dari Uganda.

Sudan Selatan masuk kompetisi internasional besar pertama kalinya di tahun 2014, ambil sisi dalam kwalifikasi Piala Afrika 2015. Untuk satu dari empat timnas rangking paling rendah di Afrika, team ini masuk set penyisihan serta direncanakan bermain menantang Eritrea , yang memundurkan diri, hingga penuhi kwalifikasi Sudan Selatan untuk set kwalifikasi pertama. [16] [17] Disana, mereka bermain Mozambik dengan dua kaki, kalah 5-0 di Estádio do Zimpeto di Maputo , tapi jadi tuan-rumah hasil seimbang tanpa ada gol di putaran kedua yang diselenggarakan di Stadion Khartoum di Sudan sebab Sudan Selatan Perang saudara.

Pada 5 September 2015, Sudan Selatan mencetak kemenangan sah pertama mereka, kemenangan kandang 1-0 menantang Guinea Ekuatorial di kwalifikasi Piala Afrika 2017. Sebulan selanjutnya Sudan Selatan mainkan laga pertama mereka di Kwalifikasi Piala Dunia FIFA, seimbang 1-1 di kandang ke Mauritania. Sudan Selatan akan kehilangan ke-2 laga kembali lagi 4-0.

Semasa 2019 kwalifikasi AFCON Bright Stars capai rekor kemenangan mereka, menaklukkan Djibouti 6-0 di Juba, tetapi mereka kehilangan semua tujuh laga yang lain yang bermakna mereka masih antara team rangking paling rendah di Afrika.

Pada Oktober 2019, di set penyisihan AFCON 2021 , Sudan Selatan memenangi laga tandang untuk kali pertamanya, menaklukkan The Seychelles 1-0 di Victoria untuk amankan kemenangan agregat 3-1. Ini membuat Bintang-bintang Cerah maju ke Step Group kwalifikasi untuk edisi ke-3 beruntun.

Popular posts from this blog

Tim sepak bola Sudan

Tim Sepak Bola Nasional Somalia